5 Program Kedisiplinan yang Cuma Ada di Pondok Pesantren Ini

Ditulis oleh: @giaghaliyah, pendidik

Kedisiplinan adalah salah satu karakter utama yang harus dimiliki oleh para santri. Untuk menjadi muslim yang tangguh, karakter disiplin adalah pondasinya.

Sikap disiplin harus dilakukan dalam setiap kegiatan santri, terutama ketika beribadah. Sebagai seorang muslim, kita memiliki kewajiban untuk salat lima waktu. Para santri dididik untuk disiplin salat lima waktu di masjid dan harus datang ke masjid minimal 10 menit sebelum azan berkumandang. Tak hanya disiplin salat lima waktu saja, di pondok pesantren ini juga berusaha membuat program-program penunjang kedisiplinan untuk para santri agar terlatih menjadi muslim yang tangguh dan berkarakter.

Berikut ini 5 program kedisiplinan yang diterapkan di pondok pesantren.

Membiasakan kata Izin dan Siap 

Seluruh santri harus membiasakan dirinya bersikap sopan dan santun dalam keseharian. Salah satunya adalah membiasakan berkata izin kapanpun dan dimanapun.

Misalnya, “Ustadz, saya izin ingin ke toilet.” Atau, “Ustadz, saya izin bertanya”, dan sebagainya. Dengan begitu, akan tertanam karakter sopan dan santun dalam setiap diri santri.

Sesuai dalam firman Allah, “Orang-orang yang meminta izin padamu (Muhammad), mereka itulah orang-orang yang beriman pada Allah dan rasulnya.” (QS. An Nur: 62).

Tak hanya kata izin, begitupun dengan kata siap. Kata Siap menunjukkan perhatian/atensi kepada orang lain atau menghargai orang lain. Contoh, “Fulan, Ustadz ingin minta bantuanmu. Bisa?”, “Siap, bisa Ustadz!” jawab santri.

“Bukanlah termasuk golongan kami siapasaja yang tidak menghormati orang yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda dan mengenal hak orang alim kita.” (HR. Ahmad & Hakim: 4319).

Dua kata ajaib itulah dijadikan sebagai bagian dari program kedisiplinan di pondok pesantren agar para santri menjadi manusia yang berkarakter.

Mobilisasi Berbaris 

Program kedisiplinan yang satu ini cukuplah unik, yaitu santri diharuskan untuk berbaris apabila sedang mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain. Program ini bertujuan untuk menyatukan hati dan mengikis keegoisan dalam diri santri.

Apabila ada teman yang masih melakukan aktivitas di suatu tempat, maka temannya yang lain harus setia menunggu bersama, agar bisa berjalan bersama-sama menuju tempat berikutnya. Dengan begitu, program kedisiplinan ini mampu mempererat kemistri dan setia kawan antar santri. Mereka bisa saling menjaga dan juga saling mengingatkan satu sama lain.

Hadist Riwayat Muslim, “Rasul bersabda, luruskanlah shaf kalian dan janganlah bercerai berai sehingga akan bercerai berai hati kalian.”

Selain itu dalam firman Allah, “Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang/dakwah/menuntut ilmu dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS. As-Shaf: 4)

Makan Bersama dan Serempak 

Tak hanya ketika mobilisasi yang harus bersama-sama dan berbaris, ketika santri makan pun juga harus bersama-sama dan serempak.

Tujuan program kedisiplinan ini adalah untuk mengikis keegoisan serta menumbuhkan jiwa kebersamaan. Melalui program kedisiplinan makan bersama dan serempak ini, santri akan dilatih untuk disiplin dan tepat waktu untuk datang ke math’am (tempat makan), tertib mengantre ketika mengambil makanan, serta bersabar menunggu sampai seluruh santri telah selesai mendapatkan makanannya masing-masing. Lalu, santri akan makan bersama dan serempak.

“Wahai rasulullah sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?, beliau bersabda, “kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri”, mereka menjawab, “ya”, beliau bersabda, “hendaklah kalian makan secara bersama-sama dan sebutlah nama Allah maka kalian akan diberi berkah padanya.” (HR. Daud: 3760)

Stretching Setiap Hari 

Stretching adalah kegiatan peregangan otot dengan cara mengulurkan beberapa bagian tubuh dan melenturkan bagian tubuh. Beberapa ilmuwan menemukan bahwa stretching sangat penting, tidak hanya untuk menjaga kesehatan otot, tetapi juga meningkatkan kesehatan, kualitas hidup dan keinginan untuk terus bergerak sekaligus berpikir dengan jernih.

Itulah mengapa stretching menjadi program kedisiplinan untuk para santri. Mereka harus menjalankan program ini setiap harinya secara rutin pada sore hari.

Karena dalam Hadist Riwayat Muslim, “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah.”

Apel Malam Sebelum Tidur

Program kedisiplinan yang kelima adalah apel malam. Para santri harus disiplin mengatur waktunya dengan baik. Tepat pukul 21.30 seluruh santri harus membersihkan dan merapikan kamarnya yang merupakan tanggung jawabnya sendiri. Pada pukul 21.50 akan dilaksanakan apel malam, dimana para santri harus berdiri di samping tempat tidur masing-masing, lalu wali kamar memeriksa kebersihan dan kerapian kamar.

Tak hanya itu, santri juga harus bersiap tidur tepat waktu serta malaksanakan sunnaH Rasulullah sebelum tidur.

Program kedisiplinan ini bertujuan untuk membiasakan santri hidup bersih, rapi, tertib dan bertanggung jawab. Selain itu, adanya apel malam ini agar para santri tidur dengan nyaman dan berkualitas. Program kedisiplinan ini merupakan bagian dari sunnah Rasulullah tentang persiapan sebelum tidur.

Pendidikan karakter akan terbangun dari kedisiplinan. Para santri dididik untuk melaksanakan program kedisiplinan agar tebentuk pribadi muslim yang kuat, tangguh, kokoh dan dinamis, serta bertanggung jawab terhadap amanah dan juga kemajuan kualitas dirinya.

Sumber: Kurikulum pondok pesantren Ibad ArRahman

 

 

PSB Ibad ArRahman Tahun Pelajaran 2019-2020 telah dibuka.

Kunjungi www.air.or.id/daftar.

Narahubung: Admin PSB Ibad ArRahman (081314692014)

“Al Qur’an in my heart, Science in my mind.”

 

5 Hal Menarik yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Pondok Pesantren untuk Buah Hati

Apakah Anda adalah orangtua yang ingin memberikan pendidikan terbaik untuk buah hati Anda?

Pondok Pesantren adalah salah satu pilihan terbaik sebagai lembaga pendidikan Islam yang sangat memerhatikan pengembangan moral dan adab untuk buah hati Anda. Terlebih, Anda mengharapkan buah hati Anda menjadi penghafal Al-Qur’an sebagai investasi akhirat. Maka, pondok pesantren sudah seharusnya menjadi pilihan tepat untuk buah hati Anda dalam menuntut ilmu dunia dan ilmu akhirat agar menjadi manusia yang bermoral dan beradab.

Saat ini telah dibuka Penerimaan Santri Baru untuk tahun pelajaran 2019-2020. Sudah saatnya orangtua melakukan survei ke beberapa pondok pesantren untuk memperhatikan hal-hal yang dapat meyakini hati Anda sebelum memilih pondok pesantren untuk buah hati.

Masjid Umar bin Khattab

Berikut ini 5 hal menarik yang harus diperhatikan sebelum memilih pondok pesantren untuk buah hati Anda, diantaranya:

Ikut Salat Berjamaah di Masjid 

Ketika Orangtua survei ke pondok pesantren hal menarik yang paling utama dilakukan adalah ikut salat berjamaah di masjid pondok pesantren tersebut. Datanglah ke pondok pesantren menjelang salat dzuhur, sehingga Anda bisa ikut shalat berjamaah bersama para santri dan ustadz/ustadzah.

Amatilah beberapa hal yang terjadi di dalam masjid. Apakah para santrinya bergegas datang ke masjid? Bagaimana peletakkan sandal santri? Apakah rapi?

Apakah para santrinya sangat menjaga adab-adab ketika berada di dalam masjid? Apakah lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an terdengar sayup-sayup dari para santri yang sedang menunggu iqomat? Apakah para santri melaksanakan salat sunnah rawatib? Jika, ia, maka 50% sudah seharusnya orangtua yakin untuk memilih pondok pesantren tersebut.

Tak hanya itu, cobalah Anda berwudhu. Apakah tempat wudhunya bersih? Apakah air yang mengalir untuk mengambil wudhu jugalah bersih? Jika iya, maka pondok pesantren tersebut adalah pilihan yang terbaik untuk buah hati Anda.

Tengok Toilet 

Setelah Anda ikut salat dzuhur berjamaah di masjid, cobalah untuk izin ke toilet. Toilet merupakan area yang jarang tersentuh, maka apabila toiletnya bersih, artinya manajemen pondok pesantren tersebut memerhatikan hal-hal kecil, salah satunya kebersihan toilet. Amatilah suasana di dalam toilet. Apakah aman untuk buah hati Anda? Karena tak dapat dipungkiri, beberapa kasus perundungan terjadi di toilet sekolah/ pondok pesantren.

Survei Kamar Tidur dan Kamar Mandi 

Ketika Anda survei ke pondok pesantren, biasanya Anda akan diterima oleh salah satu ustadz/ ustadzah yang sedang bertugas melayani para tamu. Amatilah bagaimana cara ustadz/ ustadzah menanggapi berbagai pertanyaan orangtua tentang pondok pesantren tersebut. Apakah penerimaannya ramah?

Setelah itu, mintalah untuk ditemani survei ke kamar tidur dan kamar mandi santri. Tanyakan ada berapa santri untuk satu kamar? Jika ada 15 santri untuk satu kamar, maka Anda perlu memikirkan ulang memilih pondok pesantren tersebut. Ideal kamar tidur untuk santri adalah 12 orang dengan luas ruangan 41,33 m2 sampai 49 m2.

Selain itu, perhatikanlah kebersihan dan kerapian kamar tidur santri. Apakah bersih? Apakah ruangannya tertata rapi? Jika iya, maka pondok pesantren tersebut adalah pilihan yang tepat untuk buah hati Anda.

Tengoklah kamar mandinya. Bagaimana kebersihan kamar mandinya? Apakah tidak ada sampah berserakan di kamar mandi? Bagaimana kejernihan airnya? Itu semua dapat menjadi faktor penting dalam memilih pondok pesantren yang terbaik untuk buah hati Anda.

Amati Ekspresi Santri dan Guru 

Ketika Anda sedang survei ke pondok pesantren, tak lupa, bertegur sapalah dengan para santri dan juga ustadz/ustadzah/ guru disana. Bagaimana sikap mereka? Apakah terbuka, sopan, dan ramah?

Lalu, bagaiman ekspresi mereka? Apakah tersenyum bahagia? Jika, iya, Anda tak perlu ragu untuk bertanya beberapa hal kapada santri yang Anda temui. Begitupun dengan guru disana, apakah wajah-wajah tersebut adalah wajah bahagia? Jika iya, berarti pondok pesantren tersebut adalah pondok yang menjunjung pendidikan moral dan adab untuk pendidikan buah hati Anda.

Ajak Ngobrol Santri 

Jangan ragu untuk mengajak ngobrol para santri yang Anda temui ketika survei. Tanyakan apa aktivitas yang sedang dilakukannya. Atau, boleh juga Anda bertanya, apa menu makanan hari ini. Selain itu, jangan ragu untuk tanyakan pula tentang konsekuensi jika ada santri yang terlambat melakukan aktivitas pondok.

Jika konsekuensi sesuai dengan visi pendidikan keluarga Anda, maka jangan ragu berinvestasi akhirat di pondok pesantren tersebut.

 

 

 

PSB Ibad ArRahman Tahun Pelajaran 2019-2020 telah dibuka. Kunjungi www.air.or.id/daftar.

Narahubung: Admin PSB Ibad ArRahman (081314692014)

“Al Qur’an in my heart, Science in my mind.”

Pengumuman Tes Tahap 1 Gelombang 2 PPDB Ponpes Ibad Ar Rahman TP 2018/2019

Alhamdulillah, tes pemetaan tahap 1 gelombang 2 PPDB Ponpes Ibad Ar Rahman TP 2018/2019 telah selesai dilaksanakan. Di bawah ini adalah daftar nama peserta yang lolos di tes tahap 1 berikut jadwal pelaksanaan tes tahap 2 untuk setiap peserta:

nama peserta & jadwal tes tahap 2

Klik tombol tersebut untuk mengunduh nama-nama yang lolos di tahap 1

Mekanisme pelaksanaan tes tahap ke dua gelombang ke dua

Pada tes tahap kedua, wali/orangtua peserta diwajibkan untuk mengikuti interview yang akan diadakan pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan. Berikut ini adalah ketentuan keikutsertaan tes tahap ke dua:

  1. Wali/orangtua peserta (ayah dan atau ibu) peserta diwajibkan mengikuti interview pada tes tahap ke dua
  2. Peserta (calon santri) tidak perlu ikut serta dalam interview
  3. Lokasi interview terletak di pondok pesantren Ibad Ar Rahman (klik http://bit.ly/lokasiibad )
  4. Wali/orangtua peserta diwajibkan menggunakan pakaian yang syar’i dan sopan selama interview dilakukan
  5. Wali/orangtua peserta diharapkan datang selambat-lambatnya 15 menit sebelum waktu yang telah ditentukan untuk mengantisipasi percepatan waktu interview
  6. Jadwal pelaksanaan interview dapat dilihat di sini 
  7. Silakan melakukan konfirmasi kedatangan dengan cara klik di tautan berikut ini http://bit.ly/InterviewIbad 
  8. Wali/orangtua peserta yang tidak melakukan konfirmasi dan tidak hadir tanpa konfirmasi akan dianggap mengundurkan diri dari proses penerimaan peserta didik baru Ponpes Ibad Ar Rahman TP 2018/2019

Konfirmasi kehadiran tes tahap 2

 

Pengumuman Peserta dari Qatar yang diterima di Ponpes Ibad Ar Rahman

Bismillahirrahmannirrahmi.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Subhanahu wata’ala. Atas segala limpahan dan curahan nikmat-Nya kita masih dapat memegang teguh dien ini sebagai pedoman hidup. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahlimpah kepada junjungan kita nabi Muhammad Salallahu’alaihi wassalam, keluarga, sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Sehubungan dengan berakhirnya serangkaian proses pemetaan yang dilakukan di Qatar pada tanggal 27 Januari 2018, akhirnya panitia penerimaan santri baru ponpes Ibad Ar Rahman bersama dengan jajaran pimpinan pondok dan yayasan telah menetapkan nama-nama yang diterima sebagai santri baru Ponpes Ibad Ar Rahman Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai berikut:

HDJ157 Aulia Salwa Salsabila MTs Putri
GLI031 Anas Fauzan MTs Putra

Selamat kepada nama-nama tersebut. Selanjutnya peserta dipersilakan untuk:

  1. Menghubungi psikolog di daerah setempat dan melakukan psikotes
  2. Mengirimkan hasil psikotest melalui email (hasil psikotest di scan lalu dikirimkan ke email recruitment.iribs[at]gmail.com)
  3. Mengunduh surat pernyataan di tautan berikut ini (klik di sini untuk mengunduh), mengisi dan menandatangani surat tersebut di atas materai Rp 6.000 lalu mengirimkan berkas tersebut ke:
    PANITIA PSB IBAD AR RAHMAN (UST IYAN)
    Pondok pesantren Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School
    Jl. Raya Cikoromoy KM 01
    Desa Batubantar, kecamatan cimanuk,
    Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.
    42271
  4. Melakukan transfer pembayaran biaya masuk (sebesar nominal yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran/saat interview dilakukan) ke nomor rekening Bank syariah Mandiri no 703-159-8359 atas nama Yayasan Ardhu Ibad Ar Rahman
  5. Mengirimkan bukti transfer melalui aplikasi WhatsApp ke nomor 0813-1469-2014 dengan menyebutkan kode registrasi dan nama santri/wati
  6. Mengisi formulir pendaftaran ulang secara online di tautan berikut ini

form pendaftaran ulang

 

 

 

Pengumuman kelulusan peserta PPDB Ponpes Ibad Ar Rahman Gelombang 1 TP 2018/2019

Bismillahirrahmannirrahmi.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Subhanahu wata’ala. Atas segala limpahan dan curahan nikmat-Nya kita masih dapat memegang teguh dien ini sebagai pedoman hidup. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahlimpah kepada junjungan kita nabi Muhammad Salallahu’alaihi wassalam, keluarga, sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Sehubungan dengan berakhirnya serangkaian proses pemetaan yang dilakukan sejak tanggal 13 Januari 2018, akhirnya panitia penerimaan santri baru ponpes Ibad Ar Rahman bersama dengan jajaran pimpinan pondok dan yayasan telah menetapkan nama-nama yang diterima sebagai santri baru Ponpes Ibad Ar Rahman Tahun Pelajaran 2018/2019.

Adapun penentuan nama-nama ini dilakukan berdasarkan serangkaian proses asesmen yang rumit. Dengan harapan kami bisa benar-benar menilai dengan objektif calon santri yang akan kami bina. Sungguh bukan hal yang mudah bagi kami membuat keputusan ini.

Kami memahami tidak ada satu pun keputusan yang dapat memenuhi keinginan seluruh pihak. Adapun penetapan nama-nama ini boleh jadi mengecewakan sebagian Bapak dan Ibu. Namun kami percaya bahwa apapun yang telah Allah tetapkan adalah yang terbaik untuk kita semua.

Silakan klik tautan berikut ini untuk mengetahui nama-nama yang lulus dalam penerimaan gelombang 1

Nama Peserta yang Lolos

Alhamdulillah ala kulli hal.

Selamat bagi Anda yang putra/i nya diterima sebagai santri baru di Ponpes Ibad Ar Rahman. Bagi yang mendapatkan status waiting list, kami akan menghubungi Anda apabila ada peserta yang diterima di gelombang satu namun mengundurkan diri. Sedangkan bagi yang belum diterima tidak perlu berkecil hati. Anda bisa mengikuti tes di gelombang kedua.

Jika nama putra/i Anda termasuk salah satu yang lolos, silakan melakukan pendaftaran ulang dengan cara klik di tautan berikut ini:

Daftar Ulang

 

Mekanisme Daftar Ulang Penerimaan Santri Baru Ibad Ar Rahman

KETENTUAN PENDAFTARAN ULANG:

  1. Waktu daftar ulang ditentukan sejak tanggal 17-31 Mei 2018
  2. Dalam kurun waktu tersebut, calon wali santri sudah harus melakukan pelunasan pembayaran biaya daftar ulang sesuai nominal yang dicantumkan dalam formulir pendaftaraan/yang disampaikan saat interview yakni meliputi: biaya pendidikan, infaq pembangunan dan SPP 2 bulan pertama
  3. Seluruh calon wali santri diharuskan melunasi biaya masuk selambat-lambatnya pada tanggal 31 Mei 2018
  4. Calon wali santri dinyatakan mengundurkan diri apabila:
    • sampai dengan tanggal 31 Mei 2018 calon wali santri dan santri tidak mengirimkan surat pernyataan
    • Sampai dengan tanggal 31 Mei 2018 calon wali santri belum mengisi formulir pendaftaran ulang
    • Sampai dengan tanggal 31 Mei 2018 Tidak melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan nomor 2
    • Sampai dengan tanggal 31 Mei 2018 belum melakukan pelunasan pembayaran biaya masuk
    • Menyatakan mengundurkan diri dari proses penerimaan santri baru Gelombang 3
  5. Apabila terdapat calon santri yang mengundurkan diri, maka panitia akan menghubungi calon wali santri dengan status waiting list agar dapat melakukan pendaftaran ulang
  6. Jika masih mengalami kendala, silakan hubungi kontak kami di no Usth. Rona (0813-1469-2014) atau Ust Angga (0878-2416-1918)

 MEKANISME PENDAFTARAN ULANG

  1. Mengunduh surat pernyataan di tautan berikut ini (klik di sini untuk mengunduh), mengisi dan menandatangani surat tersebut di atas materai Rp 6.000 lalu mengirimkan berkas tersebut ke:
    PANITIA PSB IBAD AR RAHMAN (UST IYAN)
    Pondok pesantren Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School
    Jl. Raya Cikoromoy KM 01
    Desa Batubantar, kecamatan cimanuk,
    Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.
    42271
  2. Melakukan transfer pembayaran biaya masuk (sebesar nominal yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran/saat interview dilakukan) ke nomor rekening Bank syariah Mandiri no 703-159-8359 atas nama Yayasan Ardhu Ibad Ar Rahman
  3. Mengirimkan bukti transfer melalui aplikasi WhatsApp ke nomor 0813-1469-2014 dengan menyebutkan kode registrasi dan nama santri/wati
  4. Mengisi formulir pendaftaran ulang secara online berikut ini 

 

Pengumuman Tes Tahap 1 Gelombang 1 PPDB Ponpes Ibad Ar Rahman TP 2018/2019

Alhamdulillah, tes pemetaan tahap 1 gelombang 1 PPDB Ponpes Ibad Ar Rahman TP 2018/2019 telah selesai dilaksanakan. Berikut ini adalah daftar nama peserta yang lolos di tes tahap 1:

Tingkat MTs

No No Registrasi Nama calon santri/wati Tingkat Jenis Kelamin
1 HGD088 Muhammad Ikram Alfasya MTs L
2 MBH106 Azizul Azwa Gunarsa MTs L
3 IBAD2017 Muhammad Dimas Alfath Akbar MTs L
4 IKM042 Narendra Firman Prakoso MTs L
5 LKJ058 Farhan Rafi Maulana Aziz MTs L
6 MBE103 Abid Al Husain MTs L
7 KJD073 Fakhri Hikmatul Kariem MTs L
8 IKL040 Muhammad Nufail Fitra Shafwansyah MTs L
9 HLM033 Labiba Aryadillah Putra Khumaeni MTs L
10 JHC083 Azwa Rizqitama MTs L
11 HDA148 Muammar Saladin MTs L
12 HMK034 Azzam Atmaradja Fathurochman MTs L
13 IJK041 Abdika Ilyas Muhammad MTs L
14 JIH077 Panji Arkhana Putra Prasetyo MTs L
15 FEB099 Jolla Pranayudha MTs L
16 EIJ025 Muhammad Fayruz Akyas MTs L
17 DHJ021 Harits Abdullah E.G.A MTs L
18 KJE072 Fairuz Azmi Qolbi MTs L
19 KCI136 Rizky Fauzan MTs L
20 MLD054 Arqam Nibras Alam Masad MTs L
21 JLM044 M. Zaki Prawiraatmadja Isdiansyah MTs L
22 LKH060 Ahmad Malik Saputra MTs L
23 JHA085 Muhammad Farel Fahrezi MTs L
24 IBAD2017 Muhammad Zahran Hibrizi Finnan MTs L
25 HGC089 Rangga Ilham Sejati MTs L
26 LKB066 Muhammad Syafiq Khairul Muna MTs L
27 LBJ127 Ahmad Chairul Umam MTs L
28 AGH006 Muhammad Fachri Aditya MTs L
29 BHI012 Mochammad Miftah Syabillah Shidqi MTs L
30 GHM030 Muhammad Nabil Fakhriandhi MTs L
31 CGJ016 Muhammad Nur Hidayat MTs L
32 FJI029 Muhammad Revan Athaya Fawwaz MTs L
33 JHF080 Bintang Fairuz Ramadhan MTs L
34 LBG124 Muhammad Ridho Fathi Fauzan MTs L
35 JHE081 Agis Naufal Ikhsani MTs L
36 IBAD2017 Alif Fakhri Mudzakkir MTs L
37 BEK009 Khairul Liscenko Kuswanto MTs L
38 BDL008 Muhammad Luthfi Safa Firmansyah MTs L
39 MBI107 Muhammad Khalis Alvin Itsnanda MTs L
40 MLK047 Muhammad Adji Nugroho Firmansyah MTs L
41 FKI028 Mahawira Nararya Mustofa MTs L
42 KCE132 Hasan MTs L
43 CFK015 Rifandy Ahmadsiregar MTs L
44 IBAD2018 Muhammad Faiz Ramadhan MTs L
45 IBAD2017 Andhika Faadihilah Suharto MTs L
46 MBL110 Akhtar Rafi Assiddiq MTs L
47 KCK138 Fadlan Azmi Al Fattah MTs L
48 MLF052 Aditya Anugerah Pratama MTs L
49 LKI059 Rafi Khayri Putra MTs L
50 AMZ001 M. Arya Satria Perdana MTs L
51 HDB149 Muhammad Fadlan Maulana Rafiq MTs L
52 JGH079 Rafli Hermawan Putra MTs L
53 HGE087 Rehan Ferdian MTs L
54 KCL139 Andi Muhammad Rafinsyah Atila Ramadhani MTs L
55 MBK109 Muhammad Zaidan Barlian MTs L
56 BCM007 Muhammad Azzamy Alghifary MTs L
57 JIG078 Thoriq Farrosh MTs L
58 FRT131 Farrel Dzakki Dhaifullah MTs L
59 MLB056 Muhamad Faizal Anwar MTs L
60 GFE092 Abdullah Nur Faiz MTs L
61 IBAD2018 Annisa Rahmatillah MTs P
62 HGD088 Zahra Humaira MTs P
63 BGI011 Zahrah Hafizhatu Sholihah MTs P
64 IJM039 Khansa Ariena Nasution MTs P
65 CEL014 Salwa Ghaniyya Zahra MTs P
66 ILM038 Nashifa Azizah Candra MTs P
67 KLMO45 Ayesha Urwa Salsabila MTs P
68 LBK128 Naura Yumna Zahira MTs P
69 ADK003 Dayana Batrisyia MTs P
70 CDM013 Citra Hafsari MTs P
71 LKE063 Fara Amalia MTs P
72 DGK020 Shafa Salsabila MTs P
73 IBAD2017  Salsa Tartilla Adzkiya Fitrah  MTs P
74 KJG070 Dzahratu Pasha Jilan MTs P
75 MCJ118 Sarah Qinthara Zanan MTs P
76 MBC101 Hanifa Kurnianti MTs P
77 JHD082 Puti Kamila Rengganis MTs P
78 DFL019 Retno Ayuning Tyas MTs P
79 GFD093 Zaskia Fatimah Auladina MTs P
80 JDJ146 Nasya Salsabila Zakia Rahma MTs P
81 MLG051 Ghania Putri Nazira Ramadhani MTs P
82 KJA076 Nasywa Diba Syaqila MTs P
83 MBM111 Najwa Faridah Qalbi MTs P
84 FED097 Syifa Shafira Qurrotuaina MTs P
85 MLE053 Jasmine Cantas Asoka MTs P
86 KCJ137 Keysha Khairunnisa MTs P
87 CHI017 Nanda Amelia Putri MTs P
88 HLK035 Syifa Nurhadiya Farhan MTs P
89 FLH027 Asiyah Bunga Aulia MTs P
90 GJI032 Marsya Azizah  MTs P

91      IBAD2017           Shenny Widya Iswara                                       Mts             P

Tingkat MA

No No Registrasi Nama calon santri/wati Tingkat Jenis Kelamin
1 JDF142 Hafidz Lukmanul Hakim MA L
2 KJI068 Ja’Far Ismail MA L
3 IBAD2018 Muhammad Sidik MA L
4 LBL129 Rafi Al Harits  MA L
5 MCF114 Abriansyah Adam MA L
6 MLA057 Shabhi Kamil Sugiyanto MA L
7 KCH135 Muhammad Hasan Fuadi MA L
8 MCH116 Rozula Fayyadl Wicaksana MA L
9 LBE123 Muhammad Fazda Chalik MA L
10 MLG051 Zulfa Al Humaira MA P
11 MCE113 Tazkia Azzikra MA P
12 LBD122 Najwa Salsabila Saif  MA P
13 JDH144 Belfy Fitri Luda Putri MA P
14 KJC074 Callysta Mareta Putri  MA P
15 GFC094 Amirah Shafa Vania Azka MA P
16 FMG026 Aurelia Jihan Yustian MA P
17 MCI117 Iga Alifia Valescha MA P
18 LKC065 Deerla Vidya Andyan Nafeesha MA P
19 JDK147 Helen aprilia MA P
20 IBAD2018 Erika Ayuningsih MA P

 

Selamat kepada para peserta yang berhasil memasuki tes tahap ke dua. Bagi yang tidak lolos di tes gelombang pertama, dipersilakan mengikuti tes gelombang kedua dengan mengikuti prosedur yang sama seperti pada gelombang 1.


Mekanisme pelaksanaan tes tahap ke dua gelombang satu

Pada tes tahap kedua, wali/orangtua peserta diwajibkan untuk mengikuti interview yang akan diadakan pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan. Berikut ini adalah ketentuan keikutsertaan tes tahap ke dua:

  1. Wali/orangtua peserta (ayah dan atau ibu) peserta diwajibkan mengikuti interview pada tes tahap ke dua
  2. Peserta (calon santri) tidak perlu ikut serta dalam interview
  3. Wali/orangtua peserta diwajibkan menggunakan pakaian yang syar’i dan sopan selama interview dilakukan
  4. Wali/orangtua peserta diharapkan datang selambat-lambatnya 15 menit sebelum waktu yang telah ditentukan untuk mengantisipasi percepatan waktu interview
  5. Jadwal pelaksanaan interview dapat dilihat di sini 
  6. Silakan melakukan konfirmasi kedatangan dengan cara klik di tautan berikut ini http://bit.ly/InterviewIbad 
  7. Wali/orangtua peserta yang tidak melakukan konfirmasi dan tidak hadir tanpa konfirmasi akan dianggap mengundurkan diri dari proses penerimaan peserta didik baru Ponpes Ibad Ar Rahman TP 2018/2019
 Klik untuk unduh jadwal pelaksanaan tahap ke dua

Jadwal Interview

 Klik untuk Konfirmasi keikutsertaan interview

Konfirmasi kehadiran

Mekanisme Ujian PSB 2018 Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Gelombang 1 tanggal 13 Januari 2018

Mekanisme Pelaksanaan Ujian Tahap 1 Gelombang 1
Penerimaan Santri Baru Ponpes Ibad Ar Rahman TP 2018/2019

 

⏰ Jadwal kegiatan
Sabtu, 13/01/2018
07.00-07.50: Registrasi (Putra: depan masjid Umar, Putri: gedung shafaa)
08.00-12.00: Pelaksanaan Psikotest (Calon santri)
08.00-10.00: Pengambilan pasfoto orangtua calon santri (Gedung Shafaa)
12.00-13.00: Shalat Dzuhur berjamaah, makan siang, istirahat
13.00-13.50: Tes Al Qur’an
14.00-15.30: Tes kemampuan akademik
15.30-16.00: Shalat Ashar berjamaah, Peserta diperkenankan meninggalkan area pondok pesantren

📒 Materi Ujian
PSIKOTEST:
Tidak ada materi khusus yang perlu dipersiapkan. Pastikan peserta dalam kondisi sehat dan tenang saat akan mengikuti tes.

TES AL QUR’AN
Tes baca Al Qur’an, Tes tajwid (lisan),Uji kemampuan menghafal

TES KEMAMPUAN AKADEMIS
Pengetahuan Agama Islam, Bahasa inggris, Matematika dasar, Ilmu Pengetahuan Alam

 

❗ Catatan Penting:
1. Kartu peserta ujian berikut lokasi ruangan ujian akan diberikan saat registrasi
2. Peserta diwajibkan hadir di ruang ujian selambat-lambatnya 10 menit sebelum ujian dilaksanakan
3. Peserta putra memasuki pondok melalui pintu bawah
(pos 2), peserta putri memasuki pondok melalui pintu atas maupun bawah
4. Seragam peserta putra: celana bahan (non jeans) warna hitam, baju koko/kemeja putih, sepatu tertutup (warna bebas)
5. Seragam peserta putri: setelan baju dan rok hitam/gamis hitam, kerudung/jilbab hitam, sepatu tertutup (warna bebas)
6. Untuk keperluan test, peserta dihimbau membawa ballpoint, pensil HB dan pensil 2B
7. Selama berada di kawasan pondok pesantren, pengunjung diwajibkan untuk: menggunakan pakaian yang menutup aurat, tidak merokok, membuang sampah pada tempat yang disediakan dan shalat tepat waktu di masjid
8. Selama berada di kawasan pondok, calon wali santri tidak diperkenankan membawa peserta putra ke area putri dan sebaliknya

📍Lokasi ponpes Ibad Ar Rahman:
bit.ly/lokasiibad

Demikian informasi ini kami sampaikan.
Apabila ada kendala atau hal yang ingin ditanyakan silakan menghubungi admin PSB melalui WA di nomor +6281314692014

BEASISWA IBAD AR RAHMAN 2018

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak yatim. Katakanlah; ‘Memperbaiki keadaan mereka adalah baik! Dan jika kamu mempergauli mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu. Allah mengetahui orang yang berbuat kerusakan dan yang berbuat kebaikan. Dan jika Allah menghendaki, nicaya Dia datangkan kesulitan kepadamu. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (QS. Al-Baqarah: 220)

lebih lengkap klik di : http://air.or.id/beasiswa/

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018-2019

Klik untuk Masuk ke Pendaftaran