5 Program Kedisiplinan yang Cuma Ada di Pondok Pesantren Ini

Ditulis oleh: @giaghaliyah, pendidik

Kedisiplinan adalah salah satu karakter utama yang harus dimiliki oleh para santri. Untuk menjadi muslim yang tangguh, karakter disiplin adalah pondasinya.

Sikap disiplin harus dilakukan dalam setiap kegiatan santri, terutama ketika beribadah. Sebagai seorang muslim, kita memiliki kewajiban untuk salat lima waktu. Para santri dididik untuk disiplin salat lima waktu di masjid dan harus datang ke masjid minimal 10 menit sebelum azan berkumandang. Tak hanya disiplin salat lima waktu saja, di pondok pesantren ini juga berusaha membuat program-program penunjang kedisiplinan untuk para santri agar terlatih menjadi muslim yang tangguh dan berkarakter.

Berikut ini 5 program kedisiplinan yang diterapkan di pondok pesantren.

Membiasakan kata Izin dan Siap 

Seluruh santri harus membiasakan dirinya bersikap sopan dan santun dalam keseharian. Salah satunya adalah membiasakan berkata izin kapanpun dan dimanapun.

Misalnya, “Ustadz, saya izin ingin ke toilet.” Atau, “Ustadz, saya izin bertanya”, dan sebagainya. Dengan begitu, akan tertanam karakter sopan dan santun dalam setiap diri santri.

Sesuai dalam firman Allah, “Orang-orang yang meminta izin padamu (Muhammad), mereka itulah orang-orang yang beriman pada Allah dan rasulnya.” (QS. An Nur: 62).

Tak hanya kata izin, begitupun dengan kata siap. Kata Siap menunjukkan perhatian/atensi kepada orang lain atau menghargai orang lain. Contoh, “Fulan, Ustadz ingin minta bantuanmu. Bisa?”, “Siap, bisa Ustadz!” jawab santri.

“Bukanlah termasuk golongan kami siapasaja yang tidak menghormati orang yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda dan mengenal hak orang alim kita.” (HR. Ahmad & Hakim: 4319).

Dua kata ajaib itulah dijadikan sebagai bagian dari program kedisiplinan di pondok pesantren agar para santri menjadi manusia yang berkarakter.

Mobilisasi Berbaris 

Program kedisiplinan yang satu ini cukuplah unik, yaitu santri diharuskan untuk berbaris apabila sedang mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain. Program ini bertujuan untuk menyatukan hati dan mengikis keegoisan dalam diri santri.

Apabila ada teman yang masih melakukan aktivitas di suatu tempat, maka temannya yang lain harus setia menunggu bersama, agar bisa berjalan bersama-sama menuju tempat berikutnya. Dengan begitu, program kedisiplinan ini mampu mempererat kemistri dan setia kawan antar santri. Mereka bisa saling menjaga dan juga saling mengingatkan satu sama lain.

Hadist Riwayat Muslim, “Rasul bersabda, luruskanlah shaf kalian dan janganlah bercerai berai sehingga akan bercerai berai hati kalian.”

Selain itu dalam firman Allah, “Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang/dakwah/menuntut ilmu dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS. As-Shaf: 4)

Makan Bersama dan Serempak 

Tak hanya ketika mobilisasi yang harus bersama-sama dan berbaris, ketika santri makan pun juga harus bersama-sama dan serempak.

Tujuan program kedisiplinan ini adalah untuk mengikis keegoisan serta menumbuhkan jiwa kebersamaan. Melalui program kedisiplinan makan bersama dan serempak ini, santri akan dilatih untuk disiplin dan tepat waktu untuk datang ke math’am (tempat makan), tertib mengantre ketika mengambil makanan, serta bersabar menunggu sampai seluruh santri telah selesai mendapatkan makanannya masing-masing. Lalu, santri akan makan bersama dan serempak.

“Wahai rasulullah sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?, beliau bersabda, “kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri”, mereka menjawab, “ya”, beliau bersabda, “hendaklah kalian makan secara bersama-sama dan sebutlah nama Allah maka kalian akan diberi berkah padanya.” (HR. Daud: 3760)

Stretching Setiap Hari 

Stretching adalah kegiatan peregangan otot dengan cara mengulurkan beberapa bagian tubuh dan melenturkan bagian tubuh. Beberapa ilmuwan menemukan bahwa stretching sangat penting, tidak hanya untuk menjaga kesehatan otot, tetapi juga meningkatkan kesehatan, kualitas hidup dan keinginan untuk terus bergerak sekaligus berpikir dengan jernih.

Itulah mengapa stretching menjadi program kedisiplinan untuk para santri. Mereka harus menjalankan program ini setiap harinya secara rutin pada sore hari.

Karena dalam Hadist Riwayat Muslim, “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah.”

Apel Malam Sebelum Tidur

Program kedisiplinan yang kelima adalah apel malam. Para santri harus disiplin mengatur waktunya dengan baik. Tepat pukul 21.30 seluruh santri harus membersihkan dan merapikan kamarnya yang merupakan tanggung jawabnya sendiri. Pada pukul 21.50 akan dilaksanakan apel malam, dimana para santri harus berdiri di samping tempat tidur masing-masing, lalu wali kamar memeriksa kebersihan dan kerapian kamar.

Tak hanya itu, santri juga harus bersiap tidur tepat waktu serta malaksanakan sunnaH Rasulullah sebelum tidur.

Program kedisiplinan ini bertujuan untuk membiasakan santri hidup bersih, rapi, tertib dan bertanggung jawab. Selain itu, adanya apel malam ini agar para santri tidur dengan nyaman dan berkualitas. Program kedisiplinan ini merupakan bagian dari sunnah Rasulullah tentang persiapan sebelum tidur.

Pendidikan karakter akan terbangun dari kedisiplinan. Para santri dididik untuk melaksanakan program kedisiplinan agar tebentuk pribadi muslim yang kuat, tangguh, kokoh dan dinamis, serta bertanggung jawab terhadap amanah dan juga kemajuan kualitas dirinya.

Sumber: Kurikulum pondok pesantren Ibad ArRahman

 

 

PSB Ibad ArRahman Tahun Pelajaran 2019-2020 telah dibuka.

Kunjungi www.air.or.id/daftar.

Narahubung: Admin PSB Ibad ArRahman (081314692014)

“Al Qur’an in my heart, Science in my mind.”

 

5 Hal Menarik yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Pondok Pesantren untuk Buah Hati

Apakah Anda adalah orangtua yang ingin memberikan pendidikan terbaik untuk buah hati Anda?

Pondok Pesantren adalah salah satu pilihan terbaik sebagai lembaga pendidikan Islam yang sangat memerhatikan pengembangan moral dan adab untuk buah hati Anda. Terlebih, Anda mengharapkan buah hati Anda menjadi penghafal Al-Qur’an sebagai investasi akhirat. Maka, pondok pesantren sudah seharusnya menjadi pilihan tepat untuk buah hati Anda dalam menuntut ilmu dunia dan ilmu akhirat agar menjadi manusia yang bermoral dan beradab.

Saat ini telah dibuka Penerimaan Santri Baru untuk tahun pelajaran 2019-2020. Sudah saatnya orangtua melakukan survei ke beberapa pondok pesantren untuk memperhatikan hal-hal yang dapat meyakini hati Anda sebelum memilih pondok pesantren untuk buah hati.

Masjid Umar bin Khattab

Berikut ini 5 hal menarik yang harus diperhatikan sebelum memilih pondok pesantren untuk buah hati Anda, diantaranya:

Ikut Salat Berjamaah di Masjid 

Ketika Orangtua survei ke pondok pesantren hal menarik yang paling utama dilakukan adalah ikut salat berjamaah di masjid pondok pesantren tersebut. Datanglah ke pondok pesantren menjelang salat dzuhur, sehingga Anda bisa ikut shalat berjamaah bersama para santri dan ustadz/ustadzah.

Amatilah beberapa hal yang terjadi di dalam masjid. Apakah para santrinya bergegas datang ke masjid? Bagaimana peletakkan sandal santri? Apakah rapi?

Apakah para santrinya sangat menjaga adab-adab ketika berada di dalam masjid? Apakah lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an terdengar sayup-sayup dari para santri yang sedang menunggu iqomat? Apakah para santri melaksanakan salat sunnah rawatib? Jika, ia, maka 50% sudah seharusnya orangtua yakin untuk memilih pondok pesantren tersebut.

Tak hanya itu, cobalah Anda berwudhu. Apakah tempat wudhunya bersih? Apakah air yang mengalir untuk mengambil wudhu jugalah bersih? Jika iya, maka pondok pesantren tersebut adalah pilihan yang terbaik untuk buah hati Anda.

Tengok Toilet 

Setelah Anda ikut salat dzuhur berjamaah di masjid, cobalah untuk izin ke toilet. Toilet merupakan area yang jarang tersentuh, maka apabila toiletnya bersih, artinya manajemen pondok pesantren tersebut memerhatikan hal-hal kecil, salah satunya kebersihan toilet. Amatilah suasana di dalam toilet. Apakah aman untuk buah hati Anda? Karena tak dapat dipungkiri, beberapa kasus perundungan terjadi di toilet sekolah/ pondok pesantren.

Survei Kamar Tidur dan Kamar Mandi 

Ketika Anda survei ke pondok pesantren, biasanya Anda akan diterima oleh salah satu ustadz/ ustadzah yang sedang bertugas melayani para tamu. Amatilah bagaimana cara ustadz/ ustadzah menanggapi berbagai pertanyaan orangtua tentang pondok pesantren tersebut. Apakah penerimaannya ramah?

Setelah itu, mintalah untuk ditemani survei ke kamar tidur dan kamar mandi santri. Tanyakan ada berapa santri untuk satu kamar? Jika ada 15 santri untuk satu kamar, maka Anda perlu memikirkan ulang memilih pondok pesantren tersebut. Ideal kamar tidur untuk santri adalah 12 orang dengan luas ruangan 41,33 m2 sampai 49 m2.

Selain itu, perhatikanlah kebersihan dan kerapian kamar tidur santri. Apakah bersih? Apakah ruangannya tertata rapi? Jika iya, maka pondok pesantren tersebut adalah pilihan yang tepat untuk buah hati Anda.

Tengoklah kamar mandinya. Bagaimana kebersihan kamar mandinya? Apakah tidak ada sampah berserakan di kamar mandi? Bagaimana kejernihan airnya? Itu semua dapat menjadi faktor penting dalam memilih pondok pesantren yang terbaik untuk buah hati Anda.

Amati Ekspresi Santri dan Guru 

Ketika Anda sedang survei ke pondok pesantren, tak lupa, bertegur sapalah dengan para santri dan juga ustadz/ustadzah/ guru disana. Bagaimana sikap mereka? Apakah terbuka, sopan, dan ramah?

Lalu, bagaiman ekspresi mereka? Apakah tersenyum bahagia? Jika, iya, Anda tak perlu ragu untuk bertanya beberapa hal kapada santri yang Anda temui. Begitupun dengan guru disana, apakah wajah-wajah tersebut adalah wajah bahagia? Jika iya, berarti pondok pesantren tersebut adalah pondok yang menjunjung pendidikan moral dan adab untuk pendidikan buah hati Anda.

Ajak Ngobrol Santri 

Jangan ragu untuk mengajak ngobrol para santri yang Anda temui ketika survei. Tanyakan apa aktivitas yang sedang dilakukannya. Atau, boleh juga Anda bertanya, apa menu makanan hari ini. Selain itu, jangan ragu untuk tanyakan pula tentang konsekuensi jika ada santri yang terlambat melakukan aktivitas pondok.

Jika konsekuensi sesuai dengan visi pendidikan keluarga Anda, maka jangan ragu berinvestasi akhirat di pondok pesantren tersebut.

 

 

 

PSB Ibad ArRahman Tahun Pelajaran 2019-2020 telah dibuka. Kunjungi www.air.or.id/daftar.

Narahubung: Admin PSB Ibad ArRahman (081314692014)

“Al Qur’an in my heart, Science in my mind.”

Muhammad Syayiq Al-Qadri Peringkat 2

 

Alhamdulillahirabbil’alamiin.. Penutupan bulan Oktober, MA Ibad Ar-Rahman kembali menorehkan prestasi di bidang akademik pada ajang tahunan BIOLEAF UNJ.

MA Ibad Ar-Rahman membawa 4 santrinya untuk mengikuti babak semifinal Biologi dan MTs untuk bidang Matematika.

Di babak semifinal Biologi, menghasilkan:
Muhammad Syayiq Al-Qadri (XI) peringkat 1
Ahmad Fachriza Fauzzi Pratama (XI) peringkat 6
Rahma Kirana Sekarwangi (X) peringkat 7

Hanya 5 besar yang bisa meneruskan ke babak final, dan alhamdulillah Syayiq meraih Juara II. Walaupun tahun lalu perjuangan Syayiq harus ikhlas berhenti di babak semifinal, tahun ini Ia mampu membuktikan bahwa tidak ada kata menyerah dan usaha tidak pernah membohongi hasil.

Untuk bidang Matematika MTs/SMP juga belum berhasil masuk ke babak final.

Barakallah untuk Syayiq. Semoga menjadi salah satu panutan santriwan/wati lainnya untuk berprestasi dalam bidang apapun.

Juara ke-2 Mouse Trap Car

 

Sabtu, 21 Oktober lalu santriwan MA @ibadarrahman kembali menorehkan prestasi di ajang kompetisi tahunan Festival MIPA UNJ @femiunj

Alhamdulillahirabbil’alamin.. Muhammad Dzaki Muflih (X) dan Farhan Fadhila Maulana (Xl) berhasil menjadi Juara ke-2 dari 58 tim seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi Mouse Trap Car yang digagas oleh Jurusan Fisika UNJ. Walaupun mereka belum berhasil menjadi yang pertama, tapi mereka cukup puas dan bersyukur dikala kondisi mereka yang sedang UTS Tahfidz dan Akademik. Tahun lalu, Dzaki dan tim menjadi Juara-1 dalam kompetisi yang sama namun tingkat SMP.

Barakallah Dzaki dan Farhan. Teruslah berprestasi dan banggakan agama serta orang tuamu.

 

 

Aminah Lewenussa Juara II Taekwondo

 

Alhamdulillah di penghujung bulan Oktober, salah satu santriwati kami kembali menorehkan prestasi di bidang olahraga yaitu Taekwondo.

Aminah Lewenussa, santriwati kelas XII asal Ambon pada tanggal 20-21 Oktober 2017 lalu telah mengikuti KEJURDA (Kejuaraan Daerah) Provinsi Banten mewakili Kabupaten Pandeglang yang dilaksanakan di Radar Banten Serang.

Walaupun harus rela membagi waktu untuk UTS Tahfidz disusul UTS Akademik dan mengalami rasa lelah pulang-pergi mengikuti latihan untuk persiapan, Ia tetap menikmatinya dengan rasa syukur. Aminah (kiri) terpilih untuk mewakili Pandeglang di kelas Under 45kg dan alhamdulillah usaha tidak pernah membohongi hasil. Aminah berhasil mendapatkan medali perak (juara ke-2).

Studi Kampus UI dan Studi Ekonomi Tip Top Swalayan Depok Ibad

Pada hari Rabu kemarin 20 September 2017 merupakan momen yang sangat penting untuk santri kelas XII MA Ibad Arrahman. Santri Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Pandeglang diajak untuk mengikuti kegiatan Studi Kampus and Studi Ekonomi yang merupakan program kegiatan akhir mereka di kelas XII. Kegiatan ini merupakan media bagi santri tingkat akhir untuk mengetahui lebih jauh dunia perkuliahan, juga dunia kerja secara komprehensif.
Sudah menjadi tanggungjawab sebuah lembaga pendidikan untuk sebaik-baiknya mengarahkan santri-santrinya, terkhusus santri tingkat akhir agar mereka memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi kompetisi dunia kerja di masa depan.

Santri kelas XII diajak berkunjung ke Kampus UI di Depok dan Pasar Modern Tip Top Swalayan yang lokasinya tidak jauh dari kampus UI. Jumlah santri yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 27 santri yang terdiri dari putra dan putri. Acara ini tidak ada ikhtilath antara santri putra dan putri, karena Fakultas yg dituju berbeda dan waktunya pun berbeda serta diselang antara kegiatan studi kampus dan studi ekonomi. Santri putra diberikan pengenalan kampus di Fakultas Kedokteran UI dan santri putri di Fakultas MIPA.
Tujuan dan Sasaran Kegiatan ini untuk memperluas wawasan santri terkait dunia perkuliahan. Santri termotivasi untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri Unggulan, juga santri termotivasi untuk menjadi entrepreneur-enterpreneur muda.
by:DN

Pelantikan Pengurus IKSADA Masa Bakti 2017-2018 Ibad Arrahman Islamic Boarding School

 

Malam ini 14 September 2017 pukul 20.00 WIB. merupakan momen yang sangat bersejarah bagi seluruh santri ibad Arrahman, karena bertepatan dengan pelantikan kepengurusan organisasi IKSADA Putra (Ikatan Santri Ibad Arrahman) kegiatan ini dilaksanakan di Mesjid Umar Bin Khattab yang dihadiri oleh seluruh santri dan disaksikan oleh Mudir dan seluruh guru.

Alhamdulilah acara berjalan dengan lancar dan tertib, diawali dengan pengambilan sumpah jabatan dari pengurus baru, kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru.

Acara ditutup dengan nasihat dan tausiah dari mudir, serta ucapan selamat kepada pengurus baru 2017-2018 dari seluruh santri putra Ibad Arrahman.

Semoga IKSADA yang baru, bisa melaksanakan semua amanah dan program-program yang telah direncanakan, sehingga kegiatan pembelajaran kepemimpinan santri di pondok Ibad Arrahman semakin lebih baik.

 

by: DH

Pemilihan Calon Ketua dan Wakil IKSADA Periode 2017/2018

 

 

 

 

 

Pemilihan Calon dan Wakil IKSADA Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Periode 2017/2018

Untuk melahirkan seorang pemimpin yang berdedikasi tinggi, mengerti dan cepat tanggap terhadap setiap permasalahan yang timbul tidaklah mudah, karena mereka tidak hanya dituntut memiliki kecerdasan dan kecakapan, tetapi juga harus memiliki jiwa kepemimpinan, rasa tanggung jawab yang besar, dapat menjadi panutan dan mengayomi terhadap masyarakat yang dipimpinnya.
Demikian juga dengan IKSADA( Ikatan Santri Ibad Ar Rahman) yang akan habis masa jabatannya dan harus diganti dengan kepengurusan yang baru.

Untuk menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan kami, maka digunakanlah suatu mekanisme pemilihan pemimpin yang demokratis dan legitimit sehingga dapat diterima oleh semua anggotanya. Dengan momentum ini diharapkan pada tanggal 8 September 2017akan lahir kader-kader pengurus IKSADA( Ikatan Santri Ibad Ar Rahman) periode 2017/2018 yang berpotensi dan mampu membawa IKSADA( Ikatan Santri Ibad Ar Rahman) kearah yang lebih baik, kreatif, inofatif dan penuh dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi anggotanya yaitu santri-santri Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School.

Adapun Calon-calon dan wakil IKSADA( Ikatan Santri Ibad Ar Rahman) yaitu meliputi: Calon Pertama Muhammad Ridho Al Ghifari (Kelas IPA XI A) dengan pasangannya Fakhri Risqullah (Kelas IPA XI A) dan calon yang Kedua Achmad Fachriza (Kelas IPA XI B) dengan pasangannya Muhammad Abdul Aziz (Kelas XI IPA A). Kita doakan semoga terpipilih pemimpin-pemimpin yang jujur, amanah dan berakhlakul karimah.Amiinn

 

TEBAR QURBAN 2017

TEBAR HEWAN QURBAN 1438 H
IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL

“Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka sholatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban.” (QS. Al Kautsar: 1-2)

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Ibad ArRahman Islamic Boarding School, telah berlangsung sejak tahun 2007 dengan higienis dan berstandar internasional.

Pada Idul Adha 1438H yang akan datang, Ibad ArRahman Islamic Boarding School kembali akan melaksanakan pemotongan hewan qurban.
Pelaksanaan pemotongan hewan Qurban akan dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 1 September 2017, jam 08.00wib s/d selesai. Pembagian daging Qurban didistribusikan ke masyarakat sekitar lingkungan pesantren, diantaranya Desa Cimanuk, Desa Batubantar, Kec. Cimanuk, Kab. Pandeglang, Lebak, Serang, dan Cilegon.

Mari…
kaum muslimin dan muslimat, berkurban di Ibad ArRahman.

REKENING TEBAR QURBAN
BSM 703-159-8359
a/n Ardhu Ibad Ar Rahman Yayasan

PEMBAYARAN TUNAI
Kampus Ibad Ar Rahman
Jl. Cikoromoy KM 1 Cimanuk Pandeglang

HARGA HEWAN QURBAN*
Kambing: Rp2.500.500/Ekor
Sapi: Rp3.000.300/Orang

Akhir pembayaran jatuh pada tanggal 30 Agustus 2017.

*Harga yang tercantum sudah termasuk dengan biaya operasional dan dokumentasi.

NARAHUBUNG:
Sertakan bukti transfer ke ? WhatsApp +6281297142092 (Pak Apip)

WAKAF PENGEMBANGAN & PERLUASAN PONDOK PESANTREN IBAD AR RAHMAN

 

 

Bismillahirrohmanirrohiim

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Kepada seluruh mujahid wa mujahidah yang berbahagia dan
semoga Allah senantiasa merahmati kita… Aamiin.

Alhamdulillah, sertifikat wakaf pembebasan lahan untuk perluasan Pondok Pesantren Ibad Ar Rahman Pandeglang ( www.air.or.id/media/wakaf ) sudah melebihi 50% dari total sertifikat wakaf sebanyak 2.200 lembar. Itu artinya Allah masih memberikan kesempatan kepada kita sekalian untuk berlomba-lomba memenuhinya hingga 100% (2.200 sertifikat wakaf).

Seluruh lahan dan gedung pesantren telah diwakafkan untuk umat demi perjuangan mencapai kemajuan peradaban Islam. Visi dan misi dalam mencetak pemimpin masa depan umat, sejalan denga komitmen: “Quran in my heart, science in my mind & strength in my body”.
Aktivitas pesantren, termasuk keuangan, dilaksanakan secara modern, profesional, transparan dan accountable.

Bagi Bapak/Ibu yang ingin menjadi bagian dari rantai amalan jariyah ini. Bapak/Ibu dapat mewakafkan uang mulai dari Rp.500.000,-/3m2 (berlaku kelipatannya). dengan mentransfer ke rekening Bank Syariah Mandiri cabang Hasanuddin di nomer 7000080491 an. Ardhu Ibad Ar Rahman Yayasan . Jika sudah melakukan transfer, dimohon untuk menghubungi atau konfirmasi (WhatsApp) ustadz Ruspandi, Lc. di nomer Hp. +6285219782788 dgn cc rekan Bpk/Ibu yang menyampaikan informasi ini, untuk proses penyerahan sertifikat wakaf tunai. Mohon berkenan memberikan nama jelas untuk kami cantumkan di dalam sertifikat wakaf tersebut. Jazakumullahu khoiran katsiran.

Semoga Allah mengaruniai Bapak/Ibu sekalian kesehatan dan keberkahan untuk kita semua. Aamiin yaa Rabbal’alamiin.

Wassalam,
Tim Wakaf Ibad Ar Rahman