Ibad ar-Rahman Gelar Buka Puasa Bersama Wali Santri, Walau diguyur Hujan Deras Kegiatan Sukses Terlaksana

Oleh : Siti Rodiyah

Foto : IRIBS MEDIA

Pandeglang – Walau diguyur hujan deras, Ibad ar-Rahman sukses melaksanakan agenda buka puasa bersama seluruh wali santri (16/3). Buka bersama (bukber) kali ini mengusung tema “Ramadan Penuh Berkah, Saatnya Kembali ke Rumah”. Bukber dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yakni di area putra dan area putri. Kegiatan ini berlangsung usai seluruh santri telah meneyelesaikan ujian tengah semester genap tahun ajaran 2023-2024.

Seluruh wali santri antusias mengikuti agenda bukber kali ini. Seperti yang diutarakan oleh salah satu wali santri kelas tujuh putri, keluarga besar sudah menyiapkan makanan untuk buka bersama dang mengosongkan agenda lain hanya untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya udah stand by dari pukul 10 siang di rumah. Udah ga sabar mau buka puasa di pondok bareng anak-anak dan keluarga besar pondok yang lain. Sampai di pondok pukul 2 lanjut salat asar dan ikut kegiatan talkshow. Talkshownya seru.. jadi punya ilmu baru,” ucapnya.

Selain buka puasa bersama, seluruh wali santri diajak mengikuti berbagai kegiatan bermanfaat. Setelah salat asar dilakukan, seluruh wali santri mengikuti agenda Kajian bersama Ustaz Dani D Herdiansyah di area putra dan talkshow bersama “Aku Temanmu” oleh Muhammad Jutana, S. SOs dan Nurul Amanah, S. Sos di area putri.

Mengangkat materi “Pesantren Orang Tua”, pemateri talkshow memberi pemahaman utuh kepada para orang tua untuk berperan aktif dalam kepengasuhan anak, kompak dalam mengasuh, dan terus menjadi pembelajar sepanjang hayat terkhusus pada hal mendidik anak. Para wali santri disuguhkan kenyataan miris bahwa kondisi pergaulan saat ini sudah tidak baik-baik saja. Kemiskinan moral, pergaulan bebas, dan tindakan menyimpang kerap ditemui pada diri anak-anak yang salah satu faktor besar pemicunya adalah ketidakharmonisan kondisi orang tua di rumah. Di area putra juga tak mau kalah. Ustaz Dani sebagai pemateri dalam kajian tersebut memberi kontribusi besar bagi para wali santri untuk lebih mendalami keutamaan-keutaman yang ada di Bulan Ramadan.

Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin tahunan di Pondok Pesantren Ibad ar Rahman. Bukan hanya untuk melaksana buka bersama dengan seluruh warga pondok tapi diharapkan akan terus terjalin silaturahmi yang baik antar seluruh warga pondok, saling mengenal satu dengan yang lain, dan menambah wawasan karena diiringi dengan kegiatan talkshow dan kajian islam.

Qur’an Camp Ibad ar-Rahman, Solusi Jitu Belajar dan Menghafal Al-Quran Saat Liburan

Oleh : Siti Rodiyah

 Dokumentasi : Tim IRIBS Media

Pandeglang – Liburan sekolah adalah waktu yang dinanti para murid tak terkecuali orang tua. Rasanya tak lengkap jika hanya menghabiskan waktu liburan dengan berdiam diri di rumah. Biasanya liburan akan diisi dengan berkunjung ke rumah nenek, ke tempat wisata populer, atau bahkan hanya sekadar berjalan-jalan menikmati berbagai kuliner khas. Namun, tak dapat dipungkiri, kebanyakan dari para orang tua dan anak juga ingin menghabiskan waktu liburan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti berpartisipasi dalam kegiatan sosial, latihan memanah, berolahraga, belajar memasak, menghafal Al-Quran dan masih banyak lagi.

Pondok Pesantren Ibad ar Rahman bekerja sama dengan tim PSB (Penerimaan Santri Baru) Ibad ar Rahman menyelenggarakan kegiatan positif untuk mengisi liburan anak-anak, yakni Qur’an Camp 2023. Ini sudah menjadi kali keempat Ibad ar Rahman menyelenggarakan kegiatan tersebut. Kegiatan berlangsung dari tanggal 26-31 Desember 2023 di Pondok Pesantren Ibad ar Rahman Islamic Boarding School. Sebanyak 106 peserta dari berbagai sekolah di Indonesia tingkat SD sampai SMP memeriahkan kegiatan tersebut. Bukan hanya belajar menghafal Qur’an, anak-anak belajar juga untuk menaikkan ghirah kecintaan kepada Al-Qur’an, meningkatkan kemampuan dalam membaca, mentadabburi, dan mengamalkan Al-Qur’an.

Foto: Kegiatan Fun games

Qur’an Camp Ibad ar Rahman bukan hanya berfokus pada pengembangan di bidang agama dan hafalan saja tapi juga sains. Beberapa kegiatan seperti fun science dan fun games juga dilakukan untuk memberi efek ceria dan semangat seluruh peserta dalam menjalankan kegiatan tersebut.

Fasilitas yang didapat oleh peserta Qur’an Camp ini sangat mempuni, mulai dari makan tiga kali sehari, coffee break, tempat tinggal yang elegan, sertifikat, dan ilmu yang bermanfaat. Para peserta juga akan disajikan berbagai pengalaman menarik dari cerita-cerita sahabat Rasulullah oleh para ustaz dan ustazah. Peserta juga akan mendapat teman baru dan pengalaman baru selama mengikuti kegiatan Qur’an Camp ini.

Tes Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Ibad ar Rahman Gelombang Pertama T.A 2024/2025, Sukses Terlaksana

Tes Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Ibad ar Rahman Gelombang Pertama T.A 2024/2025, Sukses Terlaksana

Oleh : Es-er

Pandeglang- Tim PSB (Penerimaan Santri Baru) Ibad ar Rahman hari ini (19/11) melaksanakan tes masuk santri baru tahun ajaran 2024/2025. Hari ini adalah tes masuk bagi calon santri yang akan mengikuti pembelajaran dijenjang Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Ada dua rangkaian tes yang harus dilalui para calon santri, yaitu tes tulis dan tes wawancara. “Tes ini bertujuan untuk menilai kesiapan para calon santri untuk belajar di Pondok Pesantren Ibad ar Rahman, sekaligus sebagai pemetaan program yang akan digunakan Pembina Pondok dalam pembinaan program belajar dan tahfidzul Qur’annya,” ucap Ustaz Devi Alviandi selaku Ketua Pelaksana kegiatan penerimaan santri baru tersebut.

“Alhamdulillah tes masuk calon santri baru tahun 2024/2025 ini berjalan sesuai rencana. Kami sudah membuka pendaftaran sejak tanggal 1 September sampai dengan 15 November 2023 ini,” tambahnya. “Masyarakat sangat antusias mendaftarkan anak-anak mereka ke Ibad ar Rahman, selain karena fasilitasnya yang sangat menunjang, pondok ini pun fokus pada pengembangan ilmu sains dan hafalan Qur’an,” Ucap Ustazah Nisa, salah satu bagian tim PSB tersebut.

Tes masuk hari ini adalah tes gelombang satu bagi calon santri yang telah mendaftar. Di gelombang satu terdapat dua tahapan yang harus dilalui oleh calon santri. Tes tahap satu tersebut meliputi tes psikotes, tes baca Qur’an, dan tes akademik. Sedangkan tes tahap dua adalah wawancara. Tes gelombang satu ini berlangsung sejak pagi hingga sore hari.

Target Santri baru jenjang MTs tahun ini sebanyak 93 orang santri berdasarkan ketersediaan ruang belajar dan asrama, sementara untuk tingkat MA menargetkan santri baru sebanyak 144 orang santri. Membludaknya para pendaftar di gelombang satu ini mengharuskan tim seleksi untuk lebih selektif dalam memilih calon santri sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Kegiatan PSB Ibad ar Rahman 2024/2025 ini sukses dan berjalan dengan lancar. Menariknya, bukan hanya kegiatan tes penerimaan santri saja yang ada dalam kegiatan tersebut, beberapa santri juga ikut memeriahkannya dengan membuka stand berjualan. Untuk melatih kemampuan berwirausaha santri diminta membuat stand yang berisi makanan, minuman, dan hasil kreasi untuk kemudian dijual. Selain memeriahkan, seluruh santri juga belajar untuk memiliki jiwa wirausaha dan mau mencoba hal baru. (Diyah)

  • Tebe (Editor)
  • Niar/Ferry (Fotografer)

Kembali Mengharumkan Sekolah, Santri Ibad ar Rahman Mendapat Penghargaan di Ajang International Science and Invention Fair (ISIF)

Kembali Mengharumkan Sekolah, Santri Ibad ar Rahman Mendapat Penghargaan di Ajang International Science and Invention Fair (ISIF)

Oleh : Siti Rodiyah

Foto : IRIBS MEDIA

Pandeglang – Santri Ibad ar Rahman kembali mengukir prestasi di kancah internasional dalam ajang international Science and Invention Fair (ISIF), diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA), Universitas Udayana Jimbaran, Bali, pada 7—11 November 2023. Kegiatan ini merupakan gelaran lomba karya tulis ilmiah skala internasional, meliputi berbagai kategori seperti lingkungan, teknologi, sains dan pendidikan yang diikuti oleh  685 tim dari 28 negara, diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Iran, Belarusia, India, Bangladesh, Vietnam, Mexico, Filipina, Hongkong, Cina, Turki, Romania, Amerika Serikat, Korea Selatan dan berbagai negara lainnya. Perlombaan ini berlangsung selama lima hari penuh.

Ibad ar Rahman mengirim lima santri Madrasah Tsanawiyah untuk berangkat, yakni Elzar Fawwaz Zhafiran, Afla Feisal Ar Rasyid, M Dzaky Almair, Leander Mikenzi, dan Syahid Ayyash Ghazi. Dengan membawakan penelitian yang berjudul “(Brecha) Breadfruits peel Activated Charcoal to purifying running water for laundry in boarding school”, Tim Ibad ar Rahman berhasil meraih Gold Medal Kategori Secondary.

Di bawah arahan Ibu Sri Nurgianti, S.Pd. dan Bapak Muhamad Ruli Aulia, S.Pd selaku pembimbing KISARA, tim Ibad ar Rahman sukses mempresentasikan dalam bahasa Inggris dan Indonesia manfaat dari buah sukun yang banyak tumbuh di pondok untuk dijadikan sebagai arang yang akan digunakan sebagai penjernih air. Tak berhenti sampai disini, kabar gembira ini memotivasi banyak santri lain untuk lebih bisa bersaing dan berkreasi sebagai langkah dalam mengasah minat dan bakat yang dimiliki. (Diyah)

Penerimaan Santri Baru

Informasi Pendaftaran

Alur Pendaftaran Santri/Wati Baru

Syarat Pendaftaran

1.Fotokopi KTP Orang Tua 1 Lembar
2.Fotokopi Kartu Keluarga 1 Lembar
3.Fotokopi Akta Kelahiran 1 Lembar
4.Pas Foto Berlatar Belakang Merah

Seluruh salinan digital persyaratan diunggah ke laman link pendaftaran yang diberikan  oleh admin (setelah mendapatkan nomor registrasi peserta).

Untuk salinan cetak persyaratan dibawa pada saat lolos ke Tes Seleksi Tahap 2.

Mekanisme Pendaftaran

  1. Lakukan pembayaran sebesar Rp500.100,00 ke nomor rekening Bank Syariah Mandiri No 720-042-0203 a/n Yayasan Ardhu Ibad Ar Rahman .
  2. Kirimkan bukti transfer Anda via WhatsApp ke nomor 0811-1631-220 (WA Admin PSB Ibad Ar Rahman).
  3. Anda akan mendapatkan nomor registrasi dari panitia selambat-lambatnya 1×24 jam setelah konfirmasi dilakukan.
  4. Kunjungi laman Untuk Pendaftaran MA :  bit.ly/PSBIRIBSMA2024   dan  MTs : http://bit.ly/PSBIRIBSMTs2024                                                   
    lalu masukkan nomor registrasi dan mulai mengisi formulir. Untuk menghindari kesalahan, sebelum mengisi, pastikan dokumen yang disyaratkan telah tersedia.

Materi Tes Seleksi Masuk

Tahap 1

Calon santri:
– Tes membaca / hafalan Al Quran dan tajwid
– Tes akademik (Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Agama Islam, Tajwid)
– Psikotes

Tahap 2

Wawancara orang tua dan anak. (Hanya bagi peserta yang lolos tes tahap 1)

Biaya Pendidikan

Biaya pendaftaran Tes Seleksi Penerimaan Santri Baru Tahun Ajaran 2022-2023 sebesar Rp 500.100,00 (disetorkan sebelum mengisi formulir pendaftaran).

Apabila telah membayar pendaftaran Tes Seleksi PSB, mohon konfirmasi kepada Admin PSB.

Berikut ini Biaya Pendidikan di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School.

Tanggal Penting Masa Penerimaan Santri Baru

GELOMBANG I 

  •  Pendaftaran: 1 September – 15 November 2023
  • Tes Tahap 1: 18 September – 19 November 2023
  • Pengumuman Tes Tahap 1:  23 November 2023
  • Tes Tahap 2: 26  November 2023
  • Pengumuman Tes Tahap 2: 03 Desember 2023
  • Daftar Ulang: Dilakukan setelah santri diterima

GELOMBANG II 

  • Pendaftaran: 13 November 2023 – 15 Februari 2024
  • Tes Tahap 1: 17-18 Februari 2024
  • Pengumuman Tes Tahap 1: 23 Februari 2024
  • Tes Tahap 2: 25 Februari 2024
  • Pengumuman Tes Tahap 2: 05 Maret 2024
  • Daftar Ulang:

PENGUMUMAN KELULUSAN PSB GELOMBANG 2 MA Dan MTS IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TAHUN 2023-2024

Bismillahirrohmanirrohim.
Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya
kepada kita semua, sehingga kita masih dalam keadaan sehat wal’afiat dan dapat melakukan
aktifitas tanpa suatu halangan apapun. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan
kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam., keluarga, sahabat, dan orang-
orang yang selalu istiqomah dijalan-Nya.
Alhamdulillahirobbil’alamin, Tes Seleksi Gelombang 2 Penerimaan Santri Baru Ibad Ar
Rahman Islamic Boarding School Tahun Pelajaran 2023-2024 telah selesai dilaksanakan.
Barakallah kepada para peserta yang telah diterima menjadi santri/wati Ibad Ar Rahman
Islamic Boarding School. Semoga Allah selalu memberkahi ikhtiar maksimal yang telah peserta
dan orangtua lakukan untuk menjadi seorang pemimpin dan cendikia muslim masa depan
bersama Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School.

 

 

 

PENGUMUMAN KELULUSAN PSB GELOMBANG 2 IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TAHUN 2023-2024

Bismillahirrohmanirrohim.

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih dalam keadaan sehat wal’afiat dan dapat melakukan aktifitas tanpa suatu halangan apapun. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Salllallahu alaihi wassalam., keluarga, sahabat, dan orang-orang yang selalu istiqomah dijalan-Nya.

Alhamdulillahirobbil’alamin, Tes Seleksi Tahap pertmama dan Tahap kedua Penerimaan Santri Baru Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Jalur Reguler Tahun Ajaran 2023-2024 telah selesai dilaksanakan.

Barakallah kepada seluruh peserta yang telah diterima menjadi santri/wati Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School. Semoga Allah selalu memberkahi ikhtiar maksimal yang telah peserta dan orangtua lakukan untuk menjadi seorang pemimpin dan cendikia muslim masa depan bersama Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School.

Berikut Daftar Peserta yang diterima menjadi Santri Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Tahun Ajaran 2002-2023 ( Tahap 1 Gelombang 2 )


Ahlan wa Sahlan, para santri Penghafal Al Quran dan Juara Olimpiade!

PENGUMUMAN KELULUSAN PSB GELOMBANG 1 IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TAHUN 2023-2024

Bismillahirrohmanirrohim.

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih dalam keadaan sehat wal’afiat dan dapat melakukan aktifitas tanpa suatu halangan apapun. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Salllallahu alaihi wassalam., keluarga, sahabat, dan orang-orang yang selalu istiqomah dijalan-Nya.

Alhamdulillahirobbil’alamin, Tes Seleksi Tahap pertmama dan Tahap kedua Penerimaan Santri Baru Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Jalur Reguler Tahun Ajaran 2023-2024 telah selesai dilaksanakan.

Barakallah kepada seluruh peserta yang telah diterima menjadi santri/wati Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School. Semoga Allah selalu memberkahi ikhtiar maksimal yang telah peserta dan orangtua lakukan untuk menjadi seorang pemimpin dan cendikia muslim masa depan bersama Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School.

Berikut Daftar Peserta yang diterima menjadi Santri Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Tahun Ajaran 2023-2024 ( Gelombang 1 )

MA PUTRA

MA PUTRI

MTS PUTRA

MTS PUTRI

MASA DAFTAR ULANG PSB 2023 / 2024

Informasi lebih bisa hubungi Admin PSB : 08111631220

COVER MAP

PENGUMUMAN TES SELEKSI TAHAP 1 GELOMBANG 1 IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TAHUN 2022-2023

Bismillahirrohmanirrohim.

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih dalam keadaan sehat wal’afiat dan dapat melakukan aktifitas tanpa suatu halangan apapun. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Salllallahu alaihi wassalam., keluarga, sahabat, dan orang-orang yang selalu istiqomah dijalan-Nya.

Alhamdulillahirobbil’alamin, Tes Seleksi Tahap Tes Seleksi Tahap 1 Gelombang 1 Penerimaan Santri Baru Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Jalur Reguler Tahun Ajaran 2022-2023 telah selesai dilaksanakan.

Barakallah kepada seluruh peserta yang telah diterima menjadi santri/wati Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School. Semoga Allah selalu memberkahi ikhtiar maksimal yang telah peserta dan orangtua lakukan untuk menjadi seorang pemimpin dan cendikia muslim masa depan bersama Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School.

Berikut Daftar Peserta yang diterima menjadi Santri Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Tahun Ajaran 2002-2023 ( Tes Seleksi Tahap 1 Gelombang 1)

PENGUMUMAN TES SELEKSI TAHAP 1 GELOMBANG 1

JADWAL DAN KETENTUAN TES TAHAP 2 GELOMBANG 1

PENGUMUMAN KELULUSAN PSB GELOMBANG 2 IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TAHUN 2022-2023

Bismillahirrohmanirrohim.

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih dalam keadaan sehat wal’afiat dan dapat melakukan aktifitas tanpa suatu halangan apapun. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Salllallahu alaihi wassalam., keluarga, sahabat, dan orang-orang yang selalu istiqomah dijalan-Nya.

Alhamdulillahirobbil’alamin, Tes Seleksi Tahap pertmama dan Tahap kedua Penerimaan Santri Baru Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Jalur Reguler Tahun Ajaran 2022-2023 telah selesai dilaksanakan.

Barakallah kepada seluruh peserta yang telah diterima menjadi santri/wati Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School. Semoga Allah selalu memberkahi ikhtiar maksimal yang telah peserta dan orangtua lakukan untuk menjadi seorang pemimpin dan cendikia muslim masa depan bersama Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School.

Berikut Daftar Peserta yang diterima menjadi Santri Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Tahun Ajaran 2002-2023 ( Gelombang 2 )


Ahlan wa Sahlan, para santri Penghafal Al Quran dan Juara Olimpiade!


MA PUTRA


MA PUTRI


MTs PUTRA


MTs PUTRI

Masa Daftar Ulang :

12 Februari – 15 Maret 2022


FORMULIR DAFTAR ULANG


COVER MAP BERKAS SANTRI BARU


MEKANISME PEMBAYARAN & SURAT PERNYATAAN